Senin, 21 Februari 2011

gaya rumah modern

Bentuk Rumah Modern

Bentuk Rumah Modern
Gaya hidup modern dan arsitektur modern
Pernahkah Anda bertanya apakah dampak gaya hidup modern bagi desain rumah? Anda mungkin akan mengatakan bahwa dengan gaya hidup modern itu orang akan memilih bentuk rumah yang praktis dan simple.
Anggapan ini tidaklah salah. Gaya hidup modern dapat dilihat mempengaruhi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang tinggal dikota besar. Gaya hidup modern mempengaruhi berbagai aspek kehidupan. Dalam gaya hidup modern:
o Orang lebih suka memakai kendaraan daripada berjalan kaki. Alasannya adalah karena lebih cepat.
o Orang lebih suka berbelanja di supermarket daripada dipasar. Alasannya adalah karena lebih bersih dan terlihat lebih stylish.
o Orang lebih suka berada di kafe atau restoran untuk makan. Alasannya adalah karena mereka tidak perlu memasak dan terlihat gaya.
o Orang lebih suka membeli apartemen daripada rumah didaerah pinggiran. Alasannya adalah karena apartemen biasanya berada didalam kota dekat dengan tempat kerja mereka.
o Orang lebih suka menyewa event organizer daripada mengurusi sendiri masalah pernikahan, ulang-tahun, dan lain-lain. Alasannya adalah mereka ingin praktis.
o Orang lebih suka memiliki telepon dan menggunakannya untuk berbicara dan berkomunikasi. Alasannya karena itu membuat jarak semakin dekat.
o Orang lebih suka mengetik memakai komputer daripada dengan mesin ketik. Alasannya adalah karena lebih praktis dan multiguna.
Dan tentu saja:
o Orang lebih suka rumah dengan penataan modern yang simple dan fungsional. Alasannya adalah karena rumah tinggal dengan penataan modern akan menunjang gaya hidup yang modern.
Pola hidup modern adalah pola hidup cepat dan dinamis. Berbagai alat diciptakan untuk menunjang kehidupan modern agar segala sesuatu lebih praktis dan cepat. Sepuluh tahun lalu, telepon genggam mungkin masih sebesar kopor dan hanya orang yang mampu saja yang bisa membelinya. Saat ini? Bahkan siapapun bisa memilikinya.
Sifat dasar dari gaya hidup modern adalah tuntutan untuk bergerak dan melakukan sesuatu secara lebih cepat. Orang-orang yang memiliki gaya hidup modern ini biasanya mereka yang berada dikota besar, dimana komunikasi dan peralatan semakin canggih dari hari ke hari. Pekerjaan mereka menuntut kerja cepat dan dinamis, yang menuntut pola pikir cepat dan dinamis pula.
Gaya hidup modern ditunjang oleh industrialisasi dan teknologi. Industrialisasi adalah suatu kondisi sistem dimana industri mengambil bagian penting. Bila kita lihat disekeliling kita, industri menopang kehidupan dan memproduksi berbagai kebutuhan hidup sehingga kehidupan lebih mudah. Sebagai contoh: industri mobil memproduksi mobil untuk mempermudah perjalanan, dan sebagainya.
Berbagai teknologi baru juga diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Terkadang teknologi dibuat juga untuk menghindari pekerjaan-pekerjaan rumit. Contohnya teknologi komunikasi telepon genggam diciptakan dan dikembangkan agar komunikasi lebih cepat dan efektif, orang tidak perlu berada dirumah dan menunggu telepon.
Namun ternyata dampak dari kehidupan modern bukan hanya pada kecepatan dan kemudahan, namun juga pada kualitas dan gaya hidup itu sendiri. Sebagai contoh, bentuk mobil, telepon genggam, rumah, dan segala jenis kebutuhan tidak lagi hanya berdasarkan fungsi saja. Mobil tidak hanya untuk dikendarai. Telepon tidak hanya digunakan untuk menelepon. Rumah tidak hanya untuk ditinggali.
Mobil, telepon, rumah dan segala jenis benda tersebut juga menjadi cara untuk menunjukkan kualitas, gaya dan sejauh mana tingkat keberhasilan hidup seseorang. Mobil BMW terbaru mungkin sama mobilnya dengan mobil-mobil van keluaran tahun 80-an. Namun kualitas dan gaya yang ditunjukkan oleh mobil ini berbeda satu sama lain.
Hal yang sama juga terjadi pada rumah. Rumah dalam gaya hidup modern memiliki ciri khusus yang membedakannya dari rumah-rumah tradisional, misalnya dari penataan fungsi, gaya arsitektur dan pada detail.
Gaya hidup modern adalah gaya hidup yang ‘cepat, praktis, dan fungsional’. Transformasi dalam dunia arsitektur rumah menjadi ‘simple, bersih dan fungsional’, dimana kesan ini memberikan dampak pada desain yang simple, tidak berhias dan apa adanya sebagaimana semangat dalam gaya hidup modern.
Hal lain yang diutamakan pada desain rumah yang modern ini adalah kualitas suasana yang ingin ditampilkan. Gaya rumah berarsitektur modern biasanya mengusung sifat-sifat simple, bersih dan fungsional tersebut dan ini berarti memberikan dampak pada suasana ruang yang dibentuk bangunan tersebut.
Rumah bergaya Mediterania, tradisional, klasik, dan gaya lain yang mengutamakan ornamentasi biasanya menarik dari segi hiasan. Semakin banyak hiasannya, biasanya semakin baik dan semakin terlihat ciri khas gayanya.
Pada rumah bergaya arsitektur modern, semakin fungsional, jujur dan jernih desainnya, semakin desain tersebut memberikan makna. Makna disini adalah nuansa yang jernih atau adanya ide bangunan yang tampak dengan jelas melalui kejernihan geometri, struktur atau bahan bangunan, bukan melalui ornamentasi atau hiasan. Dalam hal ini, geometri yang digunakan untuk bentuk rumah menjadi unsur utama arsitektur rumah modern.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar